Pelatihan dan MGMP Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Indonesia, Awal Menjadi Guru Berkualitas – AL-AZHAR CAIRO YOGYAKARTA

Pelatihan dan MGMP Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Indonesia, Awal Menjadi Guru Berkualitas

Pada tanggal 2-7 September 2019, Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Yogyakarta mengirimkan lima orang guru Alquran Tahfidz, Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab (AQUBA)  jenjang SD dan SMP untuk mengikuti Pelatihan dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang. Kegiatan MGMP ini diikuti oleh 63 guru dari seluruh cabang Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Indonesia mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Pagar Alam, Bandung, Yogyakarta, hingga Bali. Acara ini dibuka langsung oleh Pembina Yayasan Al-Azhar Cairo Indonesia, Bapak Indra J.Bunayu, mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah dalam rangka menyamakan ruh pendidik Sekolah Islam Al-Azhar Cairo se-Indonesia sehingga dimanapun Al-Azhar Cairo berada ruh dan semangatnya selalu sama.

Pada tiga hari pertama seluruh peserta MGMP diberikan pelatihan materi Metode Manhaji untuk mengembangkan Pembelajaran AQUBA. Metode ini merupakan metode pembelajaran Nahwu-Sharraf praktis untuk membaca teks-teks Arab dengan metode yang menyenangkan. Menurut Ustadz Joko Nursiyo, Pelatih Metode Manhaji,  pembelajaran Bahasa Arab yang selama ini terkesan sulit dan susah dipahami harus diubah dengan penyampaian yang menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk Yukio Mishima And Bodybuilding superdrol dosage training volume and muscle growth: part 1 mempelajarinya. Oleh karena itu beliau menggunakan menyanyi sebagai salah satu metode pembelajaran.

Memasuki hari keempat para guru Alquran Tahfidz diberikan pelatihan tentang Metode Talaqqi untuk mengahafal Alquran. Dengan metode ini diharapkan para siswa Al-Azhar Cairo se-Indonesia bisa lebih mudah dalam menghafal Alquran. Selanjutnya, guru-guru  membahas kisi-kisi soal Ujian Syahadah yang akan dikuti oleh siswa kelas 6 SD dan 9 SMP Islam Al-Azhar Cairo se-Indonesia. Pada kesempatan ini para guru juga dilatih untuk membuat soal-soal berbahasa Arab sebagai media latihan bagi siswa untuk menghadapi soal dari Al-Azhar Asy-Syarif, Mesir.

Kegiatan pelatihan dan MGMP ini menjadi program setiap tahunnya guna mengembangkan kompetensi guru AQUBA di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo se-Indonesia. Pada penghujung kegiatan, Ketua Yayasan Al-Azhar Cairo Indonesia, Ibu Lisa Fandouza menyampaikan pesan agar para peserta dapat mengamalkan ilmu yang telah diperoleh selama satu minggu berada di Palembang demi terwujudnya generasi pemimpin umat yang cerdas, kuat, berteknologi tinggi, berwawasan Internasional dan selalu berpegang teguh pada Alquran dan Sunnah dari rahim Sekolah Al-Azhar Cairo Indonesia. Dengan mengharap ridho Allah Ta’ala, semoga cita-cita mulia ini dapat dicapai. Aamiin

Our Score
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email