Hijrah dan Istighfar di Bulan Muharram – AL-AZHAR CAIRO YOGYAKARTA

Hijrah dan Istighfar di Bulan Muharram

          Dimensi waktu terbagi atas tiga, yaitu masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang. Orang yang beruntung adalah mereka yang mampu mengambil pelajaran di masa lalu untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa yang akan datang.

          Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memerhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al Hasyr: 18).

          Pergantian tahun bukan sekadar pergantian kalender saja, namun ada hal yang urgent yang bisa dijadikan sebagai ibrah di masa yang akan datang.Ayat tersebut mengingatkan kita untuk mengevaluasi perbuatan yang telah kita lakukan pada masa lalu agar meningkat di masa yang akan datang sehingga menjadi bekal kita pada hari kiamat kelak.

          Kita telah memasuki bulan Muharram tahun 1441 Hijriah. Tentunya, sebagai seorang muslim sejati, muhasabah atau introspeksi diri merupakan alternatif yang dapat kita lakukan di bulan Muharram ini. Pertamaadalah dengan hijrah, apa itu hijrah. Menurut bahasa kata hijrah adalah bentuk mashdar linau’ dari fi’il madhi hajara atau isim mashdar dari fi’il madhi haajara yang bentuk mashdarnya adalah muhaajarah. Dalam kamus bahasa Arab (Al-Munjid) terdapat ungkapan: Haajara minal balad atau ‘anil balad yang bermakna: Kharaja minhu ilaa balad aakhar (Keluar dari satu negeri ke negeri lain); hijrah dan hujrah bermakna khuruj min ardhinilaa ardhin ukhraa (keluar dari satu tempat ke tempat lain). Orang yang berhijrah disebut muhajir. Peristiwa besar yang menandai hijrah adalah di tahun 622 Masehi, ketika Rasullulah mendapatkan wahyu  untuk hijrah meningglkan Kota Mekah bersama umat Islam menuju Yasrib atau Madinah (kota peradaban). Mereka yang berhijrah disebut muhairin sedangkan penduduk Yasrib yang menjadi penolong meraka disebut kaum ansar (Ensiklopedia Islam Indonesia, Jakarta: 319).

          Kedua dengan istighfar, dalam riwayat hadist dikatakan bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam beristighfar sebanyak 70 kali sehari bahkan dalam riwayat lagi dikatakan 100 kali.

          “Tidaklah aku berada di pagi hari (antara terbit fajar hingga terbit matahari) kecuali aku beristigfar pada Allah sebanyak 100 kali.” (HR. An Nasa’i dishohihkan oleh Syaikh Al Albani di Silsilah Ash Shohihah no. 1600).

          Pernah suatu ketika istri Rasulullah  Aisyah melihat beliau salat semalam suntuk, kemudian Aisyah bertanya kepada Nabi, ya Rasul bukankah Engkau telah dijamin masuk surga, mengapa tidak ada hentinya beribadah kepada Allah, lantas apa kata Rasulluah kepada istrinya.

َفَلَا اُحِبُّ اَنْ اَكُوْنَ عَبْداً شَكُوْراً

Artinya :
“Tidakkah kamu suka, apabila menjadi hamba yang bersyukur” (HR. Muslim no.7304). Rasulullah yang telah mendapatkan jaminan dari Allah Ta’ala tiada henti hentinya untuk bersujud, istigfar dan bagaiamana dengan kita?

          Oleh karena itu, harapan di bulan Muharram ini adalah kita dapat menjadi seorang mukmin yang benar di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dapat meningkatkan amal ibadah kita. Demikianlah hikmah kajian pagi yang terlaksana pada hari Senin, 9 Muharram 1441 H bertempat di Mushola Al-Azhar Cairo Yogyakarta dengan pemateri guru Tahfidz SMP, Bapak Sairil, S.Pd. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa, guru dan staff SMP Islam Al-Azhar Cairo Yogyakarta. Selain itu, untuk lebih memaknai dan melaksanakan amalan sunnah di bulan Muharram, para siswa dan guru melaksanakan puasa Tasu’a dan Asyura, 9 & 10 Muharram 1441 H. Terutama bagi siswa-siswi SMP Islam Al-Azhar Cairo Yogyakarta semoga bulan Muharram tahun ini, kita mampu mengambil hikmah dari peristiwa hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad Shallallahu Wa ‘alaihi Wasallam. Akhirnya, marilah kita memohon ampunan dan pertolongan kepada Allah semoga menjadi insan yang dianugrahi dan dikasihi.

Our Score
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email